Membuat Spalsh Screen Android Studio



Spalsh Screen adalah tampilan antarmuka saat pertama kali applikasi di Jalankan. Biasanya splash screen menampilkan animasi loader, logo, nama applikasi atau bisa juga slogan dari applikasi. Pada kesempatan kali ini kita akan bersama-sama membuat Splash Screen dengan menggunakan
  1. Baik tahap pertama Silahkan teman-teman buat project baru dengan Empty Activity. Disini saya berinama Applikasinya SplashScreen, terserah teman-teman mau menamainya apa.

  2. Tunggu sampai Proses selesai kemudian kita buat Activity Baru. Klik kanan pada direktori app/java pilih New >  Activity > Empty Activity.

  3. Beri nama Activity dengan SplashScreen.  Jangan lupa mencentang Launcher Activity agar Activity yang pertama di jalankan ketika Applikasi di Jalankan.

    1. Jika sudah Sekarang buka SplashScreen yang terdapat di folder app/java/ terdapat Tiga folder disitu, pilih folder yang paling atas.
      Versi dari Android yang user gunakan sendiri biasanya mempengaruhi gaya dalam tampilan SplashScreen. Semilas Pada Versi Lollipop keatas kita dapat bermain-main dengan UI navbar. Olehkarena itu kita akan membuat pengkondisian mengecek Versi Android user. Tambahkan kode berikut di dalam Method onCreate.
      // Buat Kondisi untuk mendeteksi Jika User menggunakan// Versi Android 21 ataau di atasnyaif(Build.VERSION.SDK_INT >= 21){
      getWindow().getDecorView().setSystemUiVisibility(View.SYSTEM_UI_FLAG_LAYOUT_STABLE| View.SYSTEM_UI_FLAG_LAYOUT_FULLSCREEN);
      }
      Kita  panggil Method ubahWarnaStatusBar();
      // Panggil MethodubahWarnaStatusBar();
      SplashScreen seperti yang teman-teman ketahui Sebelum applikasi benar-benar terbuka pertama SplashScreen akan muncul terlebih dahulu selama beberapa detik, untuk membuat seperti itu kita akan memanfaatkan Handler. Handler ini berfungsi untuk menahan Perintah di eksekusi selama interval yang kita tentukan. Interval nilanya dalam satuan MiliSecond.
      //Buat HandlerHandler handler = new Handler();
      handler.postDelayed(new Runnable() {
      @Override public void run() {
      startActivity(new Intent(new Intent(getApplicationContext(), MainActivity.class)));
      finish();
      }
      }, 3000);

      Sekedar informasi buat teman-teman, ketika kita mengetikan kode kemudian muncul prediksi di layar kita jangan lupa untuk menekan enter (Menggunakan prediksi tersebut) agar kita tidak perlu repot mengimport komponen yang kita butuhkan. Biasanya kita sering lupa memanfaatkan fasilitas ini sehinggal walaupun kodenya udah bener tetap muncul notifikasi Error karena kita lupa mengimport komponen yang di butuhkan :D

       

      Baik lanjut. Jika teman-teman menemukan Error pada baris ubahWarnaStatusBar() maka hal tersebut sangat wajar karena kita belum membuat methodnya :D. Sekarang kita buat Method baru, ingat pengetikan method diluar dari Method onCreate().
      // Buat method ubahWarnaStatusBar()private void ubahWarnaStatusBar(){
      if (Build.VERSION.SDK_INT >= Build.VERSION_CODES.LOLLIPOP){
      Window window = getWindow();
      window.addFlags(WindowManager.LayoutParams.FLAG_DRAWS_SYSTEM_BAR_BACKGROUNDS);
      window.setStatusBarColor(Color.TRANSPARENT);
      }
      }

      Seperti ini keseluruhan kodenya :

       
  4. Selanjutnya kita akan mengatur tampilan Splash Screennya. buka app/res/layout/activity_splash_screen.xml silahkan tambahkan komponen sesuai keinginan, disini saya menggunakan komponen TextView, ImageView dan ProgressBar (small). Berikut tampilan yang saya buat.



    Untuk mencoba sekarang Coba jalankan projectnya bisa dengan shortcut SHIFT+F10. Gimana tampilkan :D ? jika teman-teman mengikuti dengan benar pasti SplashScreen akan muncul jika belum silahkan ulangi kembali tahap-tahapnya dengan benar.

  5. SplashScreen sudah dapat di jalankan tetapi masih terdapat kekurangan yaiut statusbar yang tertutup warna solid. Tapi ngga usah khawatir kita bakal tangani ini. Silakan buka app/manifests/AndroidManifest.xml tambahkan kode yang di tandai berikut:


    Sekarang jalankan kembali dan kita akan melihat perbedaanya

  6. Yee.. kita udah berhasil membuat SplashSceen :D. Tapii... coba tekan tombol Back (kembali) saat SplashScreen muncul. Apa yang terjadi ? yap benar applikasi kita tertutup kemudian jeda beberapa milisecon terbuka sendiri. Untuk mengatasi ini kita disable tombol back. Kita buat method baru. jangan lupa menekan Enter saat prediksi muncul

    @Overridepublic void onBackPressed() {
    return;
    }
  7. Sekarang Silahkan jalankan kembali Applikasi dan lihat perbedaanya :D

Sekian Tutorial mebuat Splash Screen semoga bermanfaat

Post a Comment